Jumat, 23 Desember 2011

Alam dan penciptanya


6. Maka Apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada di atas mereka, bagaimana Kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit itu tidak mempunyai retak-retak sedikitpun ?
7. Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata,
8. Untuk menjadi pelajaran dan peringatan bagi tiap-tiap hamba yang kembali (mengingat Allah).

Perhatikan ayat diatas, Allah begitu indah menggambarkan keindahan alamnya. Langit, yang berada diatas, sebagai atap yang tidak disangga sdikitpun dengan penyangga. Dan keindahan itu di tambah lagi dengan tidak adanya retakan-retakan sedikitpun. Ini merupakan bukti akan ciptaan Allah yang begitu sempurna, yang tak seorang pun mampu untuk menandinginya.
Ayat selanjutnya yakni ayat ketujuh dari surat al-hujarat tersebut menggambarkan Bumi yang Allah hamparkan. Yang kemudian bumi itu di hiasi dengan gunung-gungung yang kokoh yang kemudian Allah tancapkan sebagai pasak agar bumi ini tidak mudah goncang, yang kemudian menjadi sempurna lagi ketika bumi dan gunung-gunung itu Allah tumbuhkan berbagai macam tumbunhan yang hijau yang enak dipandang oleh setiap mata yang memandangnya.
Dan Ayat yang kedelapan  itu merupakan tujuan Allah tentang penciptaan Nya yang berupa keindahan Alam tersebut sebgai pelajaran dan peringatan bagi tiap-tiap hamba-Nya. Adanyanya alam dan segala isinya merupakan pelajaran dan peringatan bagi semua mahluk yang hidup di  muka bumi ini. Alam, Allah jadikan sebagai pelajaran agar manusia itu dapat selalu mengambil pelajaran dari alam itu sendiri.dan Allah jadikan Alam itu pula sebagai peringatan agar manusia itu tidak sombong berjalan di muka bumi ini, karena yang patut sombong itu hanyalah Allah semata.        

1 komentar:

Pengikut